Rabu, 16 Februari 2011

Dasar Pengoperasian Microsoft Excel

1. Pengaktifan program Microsoft excel
Langkah-langkah sebagai berikut :
~ klik menu start
~point all programs
~klik Microsoft excel

Keterangan tampilan lembar kerja excel:

1. title bar: judul nama buku kerja (workbook)
2. pull-down: menu dalam betuk text yang pada salah satu hurufnya terdapat garis bawah
3. pointer: penunjuk posisi sel
4. toolbar ikon: kelompok ikon-ikon (perintah dalam bentuk gambar)yang mempermudah dan mempercepat perintah
5. worksheet: lembar kerja microsoft excel,dalam kondisi default terdapat 3 sheet
6. scroll bar vertical: penggulung layar vertikal
7. scroll bar horizontal: penggulung layar horizontal
8. scroll bar top: penggulung layar keatas
9. scroll bar bottom: penggulung layar kebawah
10. scroll bar right: penggulung layar kekanan
11. scroll bar left: penggulung layar kekiri
12. taks pane: daftar menu untuk membuka dan membuat file baru

2. Lembar kerja microsoft excel

Beberapa istilah penting yang harus diketahui:
1.cell:perpotongan kolom dan baris,misalnya A1
2.Range:gabungan beberapa cell
3.column:kolom lembar kerja excel berjumlah 256 kolom yaitu dari kolom A
s/d IV
4.row: baris lembar kerja excel berjumlah 655326 baris

Fungsi menu pull-down:
1. file: menu yang terdiri atas pengorganisasian file
2. edit : menu yang terdiri atas oprasi pengeditan sheet
3. view : menu yang berhubungan dengan tampilan layout dalam lembar kerja
4. insert : menu yang berhubungan dengan penyisipan, baik dalam lembar kerja maupun dari objek lain.
5. format : menu yang mengatur segala keperluan dasar untuk lembar kerja
6. tools : menu perlengkapan lainnya yang dapat memaksimalkan lembar kerja excel
7. data : menu yang berhubungan dengan pengolahan data dalam lembar kerja
8. window : menu yang berfungsi untuk pengaturan jendela kerja excel
9. help : menu bantuan yang dapat digunakan untuk membantu bila terjadi suatu kesalahan penggunaan, memberi informasi kepada pengguna computer terhadap perintah tertentu.

3. Pembuatan lebar kerja dengan Microsoft excel

Pembuatan lembar kerja baru:
1. klik menu file.
2. klik new.
3. klik blank workbook atau klik icon new.
4. selanjutnya anda dapat mulai bekerja dengan lembar kerja excel.

Penyimpanan lembar kerja :
1. klik menu file
2. klik save atau klik icon save , hingga tampil kotak dialog save as
3. tentukan directory penyimpanan pada kotak save in:
4. isi nama file pada kotak file name:
5. pilih tipe dokumen yang akan disimpan pada kotak save as type:
6. klik save .

Penutupan buku kerja :
1. klik menu file
2. klik close
3. maka akn muncul kotak dialog :jawab yes,jika aka menyimpan kembali.jawab no,ika tidak ingin menyimpan kembali.jawab cancel,jika ingin membatalkan untuk menyimpan file

Pembukaaan lembar kerja:
1. klik menu file
2. klik open atau klik ikon open, hingga tampil kotak dialog open
3. tentukan directory file yang akan dibuka pada kotak look in:
4. tentukan tipe file yang akan dibuka pada kotak files of type:
5. klik nama file atau ketik pada kotak file name:
6. klik open

Menyimpan lembar kerja dengan nama file yang berbeda:
1. klik menu file
2. klik save as
3. tentukan directory penimpanan pada kotak save in:
4. isi nama file baru pada kotak file name, misalnya latihan 1-revisi
5. klik save

Penggabungan dua lembar kerja atau lebih:
1. tekan tombol ctrl pada keyboard
2. klik sheet yang akan digabungkan
3. pada title bar akan tercantum tulisan group, yang menandakan bahwa sheet telah dapat digunakan secara bersama-sama
4. ketik pada sheet 1.setelah selesai bila anda lihat pada sheet lainnya maka akan terisi dengan data yang sama.

Pemasukan data berupa teks, tanggal dan bilangan:

Jenis data yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut:
• angka (nilai): data yang diawali oleh karakter numeric (0-9), +, -, =, $, #, (, @.
Contoh: 20000+50000
200
(5000+2000)
• teks :data yang diawali oleh karakter selain data angka atau nilai, contohnya: KURIKULUM
• Tanggal :jenis data dalam bentuk tanggal.Contohnya : 12/05/99 dan 5-jan-04
• Jam : jenis data dalam bentuk waktu atau jam. Contoh: 09:55:55

Pemformatan Sel
1.format angka (number)
• Klik menu format.
• Klik cells, hingga tampil kotak dialog Format Cells seperti berikut
• Klik tab number.
• Tentukan category (kategori number yang anda pilih ) dan tabulasi lain yang diperlukan.
• Klik ok.
2.Format alignment (tata cetak teks)
• Klik menu format .
• Klik cells.
• Klik tab alignment, hingga tampil kotak dialog format cells.
• Tentukan format alignment berikut.
• Tentukan :
1. horizontal :perataan teks pada posisi horizontal
2. vertical :perataan teks pada posisi vertical
3. teks Control :fungsi Control teks wrapteks (teks melipat sendiri), shring to fit (menyesuaikan ukuran berdasarkan lebar tinggi sel)
4. orientation: bentuk arah teks (vertical horizontal tau diagonal )
• klik ok.
3.Format font (Huruf)
• klik menu format
• klk cells
• klik tab font, hingga tampil kotak dialog format cells
• tentukan format font berikut.
1. font : jenis huruf yang digunakan
2. font style: model atau style dari huruf yang digunakan
3. size: ukuran huruf yang digunakan.
4. underline: menyertakan garis bawah pada teks
5. color: memberi warna pada teks
6. effects: model efek pencetakan
• klik ok


Penggabungan sel
1. blok sel yang akan digabungkan
2. klik menu format
3. klik cells
4. klik tab alignment
5. klik merge cells
6. klik ok

Penyembunyian baris
1. letakkan pointer pada baris yang akan disembunyikan
2. klik menu format
3. klik row
4. klik hide(klik unhide untuk memunculkan kembali)

Penyembunyian kolom:
1. letakkan pointer pada kolom yang akan disembunyikan
2. klik menu format
3. klik column
4. klik hide (klik unhide untuk memunculkan kembali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar